Japan won’t Leave You Anything Beside Good Memories (3)

Nadia Hanif

disini gue tampilin foto-foto aja ya, capek kan pasti baca mulu, IHI











berikut adalah itinerary selama gue disana (maafin rough banget karena gue malas mengingat detil2 gue disana terutama soal biaya)

sebagai kompensasi, berikut gue list hal-hal apa saja yang dapat kalian lakukan untuk menghemat biaya selama kalian disana:

pesen tiket dari jauh-jauh hari. Untuk ke Jepang ini aku memesan tiket dari Bulan Mei 2015, sehingga harga yang harus aku bayarkan hanyalah sekitar 2.8 jt PP. Namun harga tersebut belum termasuk makan dan bagasi lho yaasusun itinerary sebaik mungkin. Kalo gue sih daripada pesan tiket JR yang mahal banget itu mending gue pake tiket all day pass di masing2 kota. Sebagai perbandingan begini, harga JR 7 days pass itu 29.000Yen, sementara kalo destinasi aku adalah Tokyo, Osaka, dan Kyoto bakal rugi banget kalo aku beli JR 7 days pass tersebut. Kenapa? karena main transportation di Kyoto adalah bus, dan kalian bisa membeli Kyoto all days pass seharga 500yen sehari. Untuk di Osaka aku mengakali nya dengan membeli Osaka Amazing Pass yang harganya sudah melingkupi biaya transortasi dan tiket masuk tempat wisata. Nah untuk di Tokyo akumembeli JR all day pass seharga 750yen. Cukup worth it sih menurut aku. 
Untuk biaya transportasi dari Tokyo ke Osaka ataupun Kyoto aku menggunakan Bus (btw Tokyo-kyoto/osaka ini emang jauh bgtt). Alasannya adalah harga bus lebih murah dibandingkan moda transportasi lain. Eh tapi kalo naik pesawat, bisa lebih murah kok, yaitu dengan menggunakan peach airline. Opsi yang lain adalah shinkansen tapi ini big no banget buat aku, karena mahal bangeeett. Selain itu keuntungan dari naik bus adalah kita dapat menghemat biaya penginapan, aha! Bis harus order terlebih dahulu, bisa di google dengan keyword willerexpress!cari makan yang murah bisa banget kok di Jepang! tapi jangan bandingin sama murahnya di Indonesia ya, harga yang relatif murah paling sekitar 300–400yen sekali makankalo kalian ke Jepang pas musim dingin, beli winter coat di Jepang ajaa, jangan di Indonesia, MAHAL!Pergi bareng-bareng! kenapa? karena bisa lebih murah hahahaha. Gue dan teman-teman ini, patungan buat wifi portable sebanyak 520rb/5 orang untuk seminggu gue disana. WiFi Portable ini pentingg banget di Jepang karena kalian kalo mau sok ide cakap-cakap dengan orang sana ya gapapa, mereka akan menyambut kalian dengan baik, asalkan…… asalkan nanya nya pake bahasa Jepang juga, karena mereka ga ngerti bahasa Inggris hahaha.cari penginapan di AirBnB. Kenapa? karena murah banget. Aku kira-kira menghabiskan sekitar 500rb untuk biaya penginapan ku selama di Jepang.

Sebenernya aku bingung harus bercakap apa lagi, leave a message if you have something to ask:)



Similar Posts by The Author:

    發佈留言